Tuesday, July 12, 2011

Nilai Palsu

Setiap pagi, seperti biasanya Poppy, Mitha dan Nafeeza selalu berkumpul dikantin menunggu bel pelajaran masuk sambil membahas pelajaran Ujian Nasional (UN).
Poppy: duuuuuh... ini gimana caranya ya… Susah banget!! Udah tau kalo matematika otak gue buntu.
Mitha: lah, gue sih bisa ngerjain. Tapi hasilnya kok gak ketemu2 yah.. susah ahh..
Nafeeza: poppy, mitha.. ini nih soal yang mudah tapi perlu nalar sama yang kayak pak Heri bilang ke kita.
Poppy: loe enak bisa ngomong gitu. Loe pinter matematika. Nah gueeeee…
Mitha: udahlah… pagi2 gini udah kelai. Naf, mending loe ajarin kita aja deh. Daripada kita buang2 waktu..
Nafeeza: iya deh. Gini caranya.. pertama, loe cari dulu sisi miringnya pake pythagoras trus loe cari deh luasnya. Pasti dapat kok hasilnya.
Poppy: ntar ya. Gue coba dulu
Mitha: iya iya bener. Nih gue dapet. Hasilnya pasti 1979. Iya kan Naf??
Nafeeza: yups. That’s right. Gimana Pop, loe udah dapet blum hasilnya??
Poppy: ahh.. susah banget! Gak ngerti2 gue. Gue malah dapatnya cuma 1996.
Nafeeza: jiaaaaaah.. emang otak loe tuh yang perlu di servis. BB loe gak usah deh..
Mitha: wiih. Tega loe Naf.. haha
Poppy: iya nih.. jahat loe.
Nafeeza: ia deh. Maaf maaf :L
               
Bel tanda pelajaran pertama masuk. Segera mereka masuk kekelas Fisika yang gurunya terkenal super dupper hipper Galak!!

Pak Robert: selamat pagi anak2...
Siswa: pagi pak..
Pak Robert: keluarkan kertas selembar kalian karena hari ini kita ulangan harian.
Siswa: yah bapak... belum siap pak…..
Pak Robert: bagi siswa yang belum siap silahkan keluar dari kelas saya sekarang juga.
Poppy: Naf..Naf.. bantu gue dong!!
Nafeeza: gue aja gak tau. Coba deh loe tanya Mitha. Siapa tau aja dia tau jawabannya.
Poppy: Mith.. Mith.. no. 2 dong..
Mitha: D..
Pak Robert: anak2 jangan ribut!!
                Setelah siswa kelas IX-A selesai mengerjakan ulangan, mereka langsung keluar dari kelas karena jam istirahat telah berbunyi. Saat mereka jalan menuju kantin, Nafeeza melihat sesuatu yang aneh.
Nafeeza: tuh anak ngapain yah??? Kok melirik kiri-kanan mau masuk keruangan pak Robert??
Poppy: alah... udalah. Gak penting dia tuh. Mending kita kekantin aja yukk.. lapppeeeeer nihh..
Nafeeza: kalian berdua duluan aja kekantinnya, gue nyusul deh.
Mitha: beneran loe?? Yaudah, yuk pop.. kita pergi duluan.
                Diam-diam nafeeza mengikuti anak yang ingin memasuki ruangan Pak Robert. Betapa kagetnya dia ketika melihat ternyata anak itu mengganti nilai yang telah diperiksa Pak Robert.
Nafeeza: loe ngapain disini??
Rina: gu..gue gak ngapa-ngapain kok. Tadi gue disuruh pak Robert ngambil map kuning yang ada diatas mejanya, tapi ternyata gak ada.
Nafeeza: ahh.. yang bener loe..
Rina: lahh.. ngapain gue bohong. Ahh, gue mau pergi dulu.
                Dua hari kemudian, Nafeeza melihat hal yang sama seperti yang dia lihat kemarin. Ia semakin curiga ada apa yang terjadi dengan Rina. Karena terlalu curiga, Nafeeza menceritakan hal tersebut kepada Poppy dan Mitha.
Nafeeza: Pop, Mith,. Beberapa hari terakhir ini gue sering liat Rina temen sekelas kita diem2 masuk keruangan pak Robert. Dan kalian tau gak apa yang dia lakukan????
Poppy: paling dia disuruh ambil map yang kelupaan.
Mitha: biasa aja dia disuruh bersihin ruangan Pak Robert.
Nafeeza: awalnya sih gue mikir gitu. Tapi ternyata, dia ngeganti nilai tugas and ulangan yang udah diperiksa Pak Robert. Gila gak tuh?????????
Poppy: what?? Gue gak salah denger??
Mitha: astagafirullah… tega banget dia. Udah, lebih baik langsung kita lapor aja ke Pak Robert.
Poppy: bener tuh. Atau kalo perlu laporin aja ke Kepala sekolah. Biar dia dikeluarin disekolah ini sekalian.
Nafeeza: wihh.. kita gak boleh langsung lapor ke Kepsek dong. Kita kan sama2 kelas 3, kalo dia dikeluarin dari sekolah dia gak bisa ikut ujian dong.
Mitha: yaudah. Kita lapor aja ke Pak Robert
Poppy: bener tuh. Gue setuju ama Mitha.
Nafeeza: iya deh. Ntar abis pulang sekolah kita cari aja Pak Robert trus ngomongin hal ini.
                Setelah bel pulangan berbunyi, ketiga sahabat itu langsung menemui Pak Robert dan membicarakan tentang apa yang Nafeeza lihat.
                Keesokan paginya…………………………….
Pak Robert: Rina, Nafeeza, Mitha, dan Poppy tolong ke ruangan saya sekarang juga.
Rina: ada apa pak kami dipanggil??
Pak Robert: saya mau bertanya. Tapi saya mohon anda jawab dengan jujur. Apakah benar kamu selalu mengganti nilai yang sudah saya periksa??
Rina: tidak pak. Apakah bapak punya bukti menuduh saya seperti itu??
Pak Robert: saya tentu punya bukti yaitu Nafeeza. Dia yang melihat kamu melakukan hal tersebut.
Rina: bagaimana bapak bisa percaya dengan dia. Bisa saja dia berbohong.
Nafeeza: eh, gue tuh gak bohong yah. Dan gue liat loe pake mata kepala gue sendiri
Poppy: iyah. Sahabat gue gak mungkin bohong.
Pak Robert: bapak juga punya bukti yang kamu gak akan bisa mengelak. Lihat ini, tugas yang sudah saya periksa selalu saya simpan langsung didalam laptop.
Mitha: itu buktinya udah jelas!! Loe ngaku deh.
Rina: maafkan saya pak. Saya tidak bermaksud seperti itu. Tapi jujur, setiap pulang sekolah orang tua saya pasti melihat nilai2 saya dan apabila ada nilai yang jelek, saya bakal dimarahin dan bahkan dipukul oleh orang tua saya pak.
Nafeeza: loe gak harus dengan mengganti nilai itu kan?? Loe kan bisa dengan belajar yang bener.
Poppy: betul kata Nafeeza. Daripada loe bohongin orantua loe, Pak Robert dan temen2.
Mitha: kita mau kok bantu loe belajar supaya loe bisa Fisika.
Rina: makasih ya Naf, Pop, dan kamu Mitha.. kalian emang temen yang baik. Pak Robert, tolong maafkan saya. Saya rela mendapat hukuman apa aja dari bapak asal bapak mau memaafkan saya..
Pak Robert: bapak bingung mau memberi hukuman apa buat kamu. Tapi bapak sudah senang karena kamu mau mengakui kesalahan kamu.
Rina: jadi saya dimaafin nih pak?? Makasih ya pak. Saya janji tidak akan mengulanginya lagi.
Pak Robert: eit, kamu harus tetap diberi hukuman. Bersihkan ruangan saya sampai bersih sehabis pulangan..
Rina: sipp deh pak. Kalau begitu kami permisi dulu ya pak.
                Diluar ruang Pak Robert………………………………
Rina: sekali lagi makasih ya teman2 uda laporin ke Pak Robert..
Poppy: lho?? Loe kok malah seneng dilaporin??
Rina: iya dong. Kalo aja kalian gak laporin aku ke Pak Robert, gue mana tau kalo ternyata gue ada dijalan yang salah.
Nafeeza: udah gpp. Kita kan semuanya berteman. Dan sebagai seorang teman itu harus saling mengarahkan pada kebaikan. Iya kan temen2....??????!!
Bertiga : yoi mamen . hehehe :)
The End

No comments:

Post a Comment